Senin, 25 Juli 2011

Kerenyahan Tempe Keripik Purwokerto

Kerenyahan Tempe Keripik Purwokerto
Dok.MI
Setelah menikmati mendoan, kini saatnya Anda mencicipi makanan khas Purwokerto lainnya, Keripik Tempe. Kerenyahannya selalu menggoda lidah Anda untuk mencari rasa gurih bersama kopi atau teh manis hangat.

Bahan untuk keripik sangat sederhana, tempe yang lebih tipis dan belum terlalu banyak jamurnya. Cara dan tempo menggorengnya pun beda, kalau Tempe Keripik lebih lama sampai kering benar daripada mendoan.

Kalau di Purwokerto ada beberapa tempat yang menyajikan keripik enak, misalnya di Jl Jenderal Sutoyo kawasan Sawangan no 23 Purwokerto, Jl Adipati Mersi kawasan Mersi, dan di Sokaraja. Harga Keripik Tempe sendiri juga bervariatif, untuk ukuran besar dihargai Rp. 15.000,- per bungkus dan Rp. 12.000,- per bungkus untuk ukuran yang lebih kecil.

Salah seorang pemilik warung mendoan dan keripik, adalah Achmad Kuswanda. Dengan bendera Eco 21, Pak Uus, panggilan akrabnya, pantas berbahagia, sebab toko miliknya itulah yang paling menjadi magnet bagi pengunjung. Tak heran, bila tiap harinya ia mampu membuat keripik sampai ribuan jumlahnya. Dia memulai usahanya sejak 1989 dengan menemukan resep keripik, dan ternyata usahanya menemui titik terang sampai saat ini.

Atas usahanya itulah, dia menjadikan kawasan Sawangan menjadi pusat keripik di Purwokerto, karena tetangga di sekitar Sawangan juga ikut-ikutan untuk menjual keripik. Kawasan ini bisa dikatakan sebagai penghasil ekonomi masyarakat Purwokerto dan sekitarnya. (Liliek Dharmawan/P-5/rmb)

1 komentar:

  1. Perlu dicoba rasanya, akan lebih mantap lagi bahannya dengan prodak tempe yang berkualitas higienis ( tempepurbalingga.blogspot.com )

    BalasHapus